Apa Itu Data Analyst dan Tanggung Jawabnya

Apa Itu Data Analyst dan Tanggung Jawabnya

Tingginya kebutuhan praktisi data di perusahaan membuat karir menjadi data analyst ini kian hari kian diminati terlebih untuk para milenial. Ada hal yang Anda harus ketahui, seorang data analyst sebaiknya memiliki pengetahuan bisnis agar mampu memenuhi tujuan dari sebuah perusahaan.

Data Analyst adalah profesi yang bertugas menganalisis data-data yang didapat perusahaan hingga mendapatkan pengetahuan baru melalui data tersebut. Untuk menjadi data analyst andal memiliki kemampuan analisa yang baik pun nampaknya tidak cukup, kompetensi hard skill yang mumpuni menjadi salah satu hal yang menunjang Anda dalam berkarir di bidang data.

Tanggung Jawab Data Analyst

Data Analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi sebuah laporan yang dapat dimengerti dengan mudah oleh manajemen. Setiap bisnis mengumpulkan data, baik data penjualan, riset pasar, alur pengiriman, hingga biaya transportasi. Pekerjaan seorang data analyst selalu berkaitan dalam hal mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Hal ini bisa diartikan pihak perusahaan dapat menentukan harga produk baru yang akan diluncurkan, menemukan cara untuk mengurangi biaya transportasi, hingga memecahkan masalah yang menimbulkan biaya besar bagi perusahaan.

Silahkan melihat video di bawah ini untuk mengenal lebih jauh profesi Data Analyst.

Latar Belakang Pendidikan yang Cocok menjadi Data Analyst

Untuk menjadi seorang data analyst, ternyata beberapa perusahaan memiliki ketentuan dari segi latar belakang pendidikannya. Hal ini dilakukan guna mempermudah seorang data analyst untuk langsung bekerja di bidang data.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan untuk data analyst dan menjadikannya salah satu posisi penting. Lantas, bidang studi mana yang mampu memegang peranan penting di bidang ini?

Bidang studi yang banyak dicari untuk menempati posisi data analyst antara lain jurusan matematika dan teknik informatika. Untuk jenjang pendidikan minimal D3 namun lebih diutamakan S1.

Bagi Anda yang bukan dari 2 jurusan tersebut, Anda dapat mencari workshop atau tempat pelatihan yang menawarkan pelatihan data seperti data science hingga big data. Course-Net membuka kursus data science untuk Anda yang ingin belajar mengenai big data. Anda juga akan mendapatkan sertifikasi internasional dari Wiley.

Penghasilan Data Analyst

w11jhRH7uuHOkO3wmDv4 | Course-Net
Sumber: 2018 Salary Guide, kellyservices.co.id

Data diatas diambil dari survei gaji rata-rata seorang data analyst yang dilakukan oleh Kelly Services. Jika melihat data diatas, dapat disimpulkan penghasilan dari data analyst dapat mencapai 11 juta rupiah perbulan.

Tugas Data Analyst

Berikut ini beberapa tugas data analyst yang perlu Anda ketahui :

  • Menafsirkan data, menganalisa hasil menggunakan teknik statistik dan memberikan laporan yang sedang berjalan.
  • Dapatkan data dari sumber data primer atau sekunder dan pertahankan database / sistem data.
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database, sistem pengumpulan data, analisis data dan strategi lain yang mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistik.
  • Mengidentifikasi, menganalisa, dan menafsirkan tren atau pola dalam kumpulan data yang kompleks.
  • Bekerja sama dengan manajemen untuk memprioritaskan kebutuhan bisnis dan informasi.
  • Cari dan tentukan peluang peningkatan bisnis terbaru.

Pengetahuan Data Analyst

Berikut ini beberapa pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang data analyst :

  • Terbukti pengalaman kerja sebagai analis data atau analis data bisnis.
  • Keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain database, teknik data mining dan segmentasi.
  • Pengetahuan dan pengalaman yang kuat dengan paket pelaporan (Business Objects dll), database (SQL dll), pemrograman (XML, Javascript, atau kerangka ETL).
  • Pengetahuan tentang statistik dan pengalaman menggunakan paket statistik untuk menganalisa dataset (Excel, SPSS, SAS dll).
  • Memiliki kemampuan analisis yang kuat dengan kemampuan mengumpulkan, mengorganisasikan, menganalisa, dan menyebarkan sejumlah besar informasi dengan memperhatikan detail dan keakuratannya.
  • Menguasai pertanyaan, menulis laporan dan menyajikan temuan.
  • Sarjana dalam ilmu Matematika, Ekonomi, Ilmu Komputer, Manajemen Informasi atau Statistik.

Sudah Siap Memulai Karier di Bidang Data?

Dengan memiliki skill yang telah tersertifikasi maka Anda akan menjadi incaran banyak perusahaan untuk berkarier menjadi data Analyst. So, tunggu apa lagi segera raih kesempatan emas ini dengan bergabung bersama Course-Net sekarang juga dan belajar data science di Course-Net!!

Klik WA