Ini Alasan Anda Harus Belajar Data Science Sekarang Juga

Ini Alasan Anda Harus Belajar Data Science Sekarang Juga

Apakah Anda pernah merasa kebingungan ingin makan apa dan di mana pada weekend? Jika pernah, kemungkinan besar Anda akan mencari informasi tentang makanan enak di dekat lokasi Anda berada.

Anda dapat bertanya rekomendasi kepada teman di Instagram Story ataupun Twitter, atau Anda dapat googling menu kuliner khas di daerah yang Anda sedang kunjungi. Bahkan saat ini Anda juga bisa langsung mendapatkan data restoran hingga menu-menu yang tersedia di Google Maps.

Anda pasti setuju, begitu mudahnya memperoleh informasi dan data di era digital ini. Media massa, industri, dan akademisi memaparkan bawah kita saat ini hidup di Information Age atau Era Informasi, yaitu era ketika mencari dan mendapatkan informasi tentang apapun bisa dilakukan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci pada search engine atau media sosial.

Dengan data-data yang berlimpah dan ada di mana-mana. Semakin banyak perusahaan-perusahaan dari startup hingga BUMN yang mengimplementasikan teknologi informasi dalam proses bisnisnya akan semakin banyak pula data-data yang disimpan dan siap untuk dianalisis lebih mendalam.

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana memanfaatkan data dan informasi ini untuk memberikan manfaat terbaik bagi Anda maupun perusahaan tempat Anda bekerja?

Jika Anda ingin sukses di tengah perkembangan zaman hari ini, Anda perlu mempelajari tren yang ada pada sektor bisnis. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang menjadi pusat perhatian Anda, Anda dapat menentukan berbagai metode dan solusi untuk bisa mencapai target dengan hasil yang baik.

Kini seluruh sektor bergantung pada data, baik pemerintah, perusahaan multinasional sampai usaha kecil dan menengah. Tahukah Anda, banyak perusahaan telah menginvestasikan dana besar untuk merekrut orang-orang terbaik dibidang data yang dapat memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik menggunakan data yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun.

Dengan menguasai skill analisis data yang mumpuni akan menjamin Anda untuk dapat memiliki karier yang bagus. Coba Anda bayangkan bahwa Anda berada di tengah-tengah segala tren ini dan menjadi orang pertama yang dicari oleh mereka? Inilah yang harus membuat Anda termotivasi untuk belajar data science sekarang juga. Mengapa harus belajar data science dan mengapa sekarang?

1. Profesi Terseksi dan Terbaik Tahun ini

Profesi Terseksi dan Terbaik Tahun ini

Dilansir dari Harvard Business Review, media bisnis yang diterbitkan Harvard University, menyebut Data Scientist sebagai profesi terseksi abad ini. Jika dilihat pada situs pencari kerja terbesar di Amerika Serikat yaitu Glassdoor, mereka juga sepakat dengan hal tersebut dan menyebutkan bahwa Data Scientist adalah pekerjaan terbaik saat ini.

Glassdoor menerapkan 3 kriteria dalam melakukan penilaian terhadap profesi terseksi dan terbaik tahun ini, yaitu jumlah lowongan yang terbuka setiap harinya, rata-rata gaji pada profesi tersebut, dan jenjang karier. Tren ini juga terjadi di Indonesia. Dilansir dari Jobstreet, pada Oktober 2020 terdapat 3437 lowongan pekerjaan di bidang data science termasuk data scientist di Indonesia saja.

Di situs pencari kerja Kalibrr, pada Oktober 2020 dengan kata kunci data scientist terdapat 919 lowongan di Indonesia. Hal ini menunjukkan permintaan yang sangat tinggi dari berbagai perusahaan terhadap talenta yang memiliki skill spesifik di bidang data science.

Bagaimana dengan gaji data scientist di bidang data science? Penghasilan data scientist di beberapa negara yang telah menerapkan data science, seperti Amerika Serikat, India, Kanada dan Singapura memiliki penghasilan yang diatas engineers dan technicians dengan pembanding level pengalaman kerja yang sama.

2. Kebutuhan Prioritas Banyak Perusahaan

Kebutuhan Prioritas Banyak Perusahaan

Dengan kompetisi industri yang semakin ketat, berbagai perusahaan kini berusaha memanfaatkan data dan informasi untuk dapat membuka peluang baru dalam bisnis produk dan layanan mereka.

Ada sebuah survei pada tahun 2016 yang menunjukkan bahwa ada 77% perusahaan top dunia yang mulai mempertimbangkan data analytics sebagai komponen yang sangat penting dalam kinerja bisnis di era teknologi informasi.

Hal ini menandakan bahwa tenaga profesional di bidang data science akan memiliki pengaruh yang cekup besar dalam pengembangan kebijakan dan strategi pemasaran perusahaan tersebut.

Kebutuhan akan tenaga data scientist ini mendorong permintaan yang cukup tinggi terhadap orang-orang yang berkecimpung di bidang data science. Kesempatan untuk berkarier terbuka luas di bidang ini. Anda tidak hanya dapat menjadi pegawai di perusahaan, namun dapat menjadi konsultan data untuk perusahaan lain.

Jasa dan layanan analisis data menjadi yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan menengah dan pemula (startup) menurut data dari SAS, perusahaan multinasional pengembang perangkat lunak analitik. Kesempatan meniti karier di bidang data masih terbuka luas bagi Anda yang tertarik dalam menganalisis dan mengolah data.

Tahukah Anda, para lulusan data science baik dari pelatihan maupun kampus, faktanya mereka masuk ke berbagai posisi pekerjaan berkaitan dengan analisis data atau sesuai dengan bidang yang dipelajarinya, seperti:

  • Data Analyst
  • Data Engineer
  • Big Data Specialist
  • Metrics and Analytics Specialist
  • Data Analytics Programmer
  • Marketing Data Expert
  • dan masih banyak lagi

Oleh karena itu Course-Net membuka Kursus Data Science. Program ini dibuka untuk para mahasiswa dan karyawan yang ingin memiliki skill di bidang data science.

3. Mempersiapkan Diri Terhadap Tren di Masa Depan

Mempersiapkan Diri Terhadap Tren di Masa Depan

Dengan tren perkembangan teknologi informasi yang menjadi faktor utama dalam Revolusi Industri 4.0, maka pekerjaan dan profesi di masa depan dijamin akan terus berubah bersamaan dengan perkembangan industri.

Pemanfaatan data dan informasi akan selalu ada di berbagai sektor bisnis dan kehidupan. Dengan Anda mempelajari data science, Anda dapat mempersiapkan diri terhadap tren teknologi mendatang, hal ini dikarenakan data science menuntut Anda untuk mau tidak mau memiliki:

  • Melihat analisis data di manapun berada.
  • Keterampilan problem-solving dalam setiap masalah.
  • Berbagai ilmu dan skill di beberapa bidang lainnya.

Tahukah Anda, seorang data scientist tidak hanya melihat data kemudian mengolah data dengan membangun aplikasi dan program, namun juga perlu memahami latar belakang data tersebut hadir.

Data science merupakan kolaborasi dari skill ilmu matematika khususnya statistika, ilmu manajemen data,  ilmu pemrograman dan ilmu bisnis. Dapat disimpulkan bagi mereka yang terjun dalam data science diharapkan untuk bisa memahami pondasi proses bisnis, mengumpulkan dan membersihkan data-data yang tidak beraturan, dan menganalisis data yang ada untuk mendapatkan insight atau strategi dan rekomendasi untuk pengembangan bisnis.

Hal itulah yang menuntut seorang data scientist untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan tren, sehingga di masa depan pun profesi ini terjamin karena bisa masuk ke berbagai bidang.

Indonesia Kekurangan Tenaga di Bidang Data Science

Indonesia Kekurangan Tenaga di Bidang Data Science

Agar Anda dapat bekerja dan berkarya di bidang data science, Anda harus memiliki skill spesifik agar dapat mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat, efisien, dan tepat. Keahlian yang pertama adalah Anda wajib menguasai keahlian mengumpulkan data baik data yang terstruktur maupun tidak.

Kedua, Anda yang inin berkarier di bidang ini harus memiliki keahlian programming dan domain-specific expertise agar dapat menganalisis data-data yang diperoleh dengan tepat. Tentu Anda perlu memiliki keterampilan pemrograman komputer. Bila Anda mengikuti pelatihan di Course-Net maka Anda akan mendapatkannya.

Seorang data scientist wajib memiliki keahlian komunikasi agar dapat menyampaikan data yang diperoleh dengan sistematis dan mudah dipahami oleh banyak orang, biasanya melalui grafik dan visualisasi data. Hal-hal inilah yang merupakan tantangan dan potensi tersendiri di Indonesia.

Setelah diatas kita membahas bahwa profesi di bidang data science adalah seksi, menjanjikan, dan mempersiapkan diri untuk berbagai tantangan di masa depan. Sebuah karier yang menuntut kolaborasi statistik, pemrograman, manajemen data, dan aspek bisnis.

Namun, kebutuhan data scientist yang tinggi ini belum dapat dipenuhi oleh lulusan perguruan tinggi dengan konsentrasi big data maupun kalangan profesional. Menurut Fajar Jaman selaku Ketua Komunitas Data Science Indonesia (KDSI), sebuah komunitas bagi para data scientist dan data enthusiast, memaparkan bahwa setiap minggu beliau berkenalan dengan perusahaan baru, pasti minta dicarikan data scientist, terutama perusahaan startup digital teknologi yang notabene datanya sudah lebih siap untuk dieksplorasi.

Oleh karena itu, Course-Net membuka kelas data science untuk Anda yang ingin mendalami bidang data science. Anda akan memperoleh skill-skill yang dibutuhkan di lapangan kerja. Dengan diajarkan langsung oleh Coach yang memang praktisi dibidangnya, Anda akan mendapat banyak masukan untuk dapat berkarier dibidang ini.

Kami memberikan promo potongan harga spesial untuk Anda yang tertarik mendalami karier terseksi abad ini, klik tombol dibawah ini.

Klik WA