7 Cara Meningkatkan Keamanan Komputer dengan Mudah

10:34 By 1 Comment

7 Cara Meningkatkan Keamanan Komputer dengan Mudah – Selain penggunaan smartphone, Anda kerap menggunakan komputer / laptop dalam keseharian, baik untuk bekerja, kuliah, ataupun hanya sekedar hiburan semata. Tahukah Anda? Komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet ternyata dapat mengancam data dan privasi Anda yang tersimpan pada komputer.

Belakangan ini semakin maraknya kasus peretasan yang terjadi di Indonesia tentunya hal ini membuat kita khawatir akan keamanan pada komputer yang sering kita gunakan. Pada kesempatan kali ini, Course-Net akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan keamanan komputer agar terhindar dari pencurian data dan hal yang tidak diinginkan.

Teknik Meningkatkan Keamanan Komputer dengan Mudah

1. Menggunakan selalu fitur incognito mode saat berada di public area

incognito

Sumber : melablog.it

Saat Anda sedang melalukan perjalanan, terkadang Anda sesekali perlu mengakses email, sosial media dan lainnya menggunakan komputer. Dengan menggunakan fitur incognito mode akan sangat berguna untuk Anda dalam menjaga keamanan data-data penting. Tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan jika berada dalam mode incognito.

2. Perhatikan selalu antivirus

antivirus

Sumber : pcmag.com

Salah satu software yang sering di install adalah antivirus, karena fitur keamanannya yang cukup bisa diandalkan. Kini fitur dalam antivirus pun sudah banyak seperti antispyware dan internet security. Namun sayangnya ada harga yang sebanding untuk fitur ini, karena jika Anda mengaktifkan fitur ini akan berdampak pada kecepatan komputer Anda.

3. Selalu perbaharui sistem operasi dan software

update software

Sumber : pcadvisor.co.uk

Kebanyakan orang memang tidak tahu fungsi dari perbaharui bahkan enggan untuk memperbaharui OS ataupun software yang telah outdate.  Sebenarnya software yang sudah kadaluarsa akan terdapat bug yang belum dibenahi, sehingga bug tersebuh bisa mudah disusupi oleh malware guna mengambil data-data Anda.

4. Biasakan backup data penting

backup data

Sumber :
Consumerreports.org

Aktivitas pencurian data tidak hanya mengcopy data saja melainkan juga menghapusnya. Bagi Anda yang sering bekerja secara offline pada komputer diharapkan untuk rutin melakukan backup agar mencegah kehilangan data. Anda bisa memanfaatkan hardisk eksternal untuk backup atau bisa upload ke layanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox dan masih banyak lagi.

5. Jangan asal melakukan transaksi online

transaksi online

Sumber : forbes.com

Dengan segala yang sudah praktis hingga transaksi pun sudah bisa dilakukan secara online. Namun Anda tidak serta merta menurunkan kewaspadaan Anda dalam ber transaksi. Beberapa cara yang biasa dilakukan penipuan online adalah phising. Course-net sarankan untuk tidak memberikan akun atau password hingga kode unik kepada orang lain. Dan saat Anda bertransaksi online usahakan ada pihak ketiga yang menjembataninya.

6. Hiraukan Pesan SPAM

pesan spam

Sumber : softpedia.com

SPAM dalam email mungkin sudah biasa bagaimana dengan SPAM disosial media yang membagikan link-link aneh yang tidak terbaca. Biasanya SPAM tersebut menawarkan kuota besar dan promo menarik lainnya. Jika Anda melihatnya harap beritahu orang yang melakukan pesan SPAM tersebut karena bisa saja pesan tersebut otomatis bahkan orang tersebut tidak sadar telah mengirim pesan SPAM.

7. Seringlah ganti password

ganti password

Sumber : 5startechnology.com

Beberapa orang memang menggunakan password untuk seluruh akun dan berlaku seumur hidup, apakah Anda seperti itu? Jika iya lakukan perubahan password segera. Karena jika 1 akun sudah terbobol bisa saja akan berantai pada akun yang lainnya. Oleh sebab itu ganti lah password secara berkala, baik 6 bulan atau 1 tahun sekali. Dan jangan 1 untuk semua.

Itulah 7 cara meningkatkan keamanan pada komputer yang bisa Anda terapkan saat ini juga agar terhindar dari pencurian data. Jika Anda tertarik dengan cara-cara mencuri data komputer orang lain, Anda bisa mengikuti kursus Cyber Security di Course-Net Indonesia.

Pada kursus ini, Anda akan diajarkan bagaimana cara kerja dan pola pikir Hacker dari awal hingga sebuah data bisa didapatkan. Tentunya jika Anda memiliki skill ini, Anda bisa melakukan system pentester untuk mencari kelemahan pada sebuah sistem.

Tertarik untuk mengikuti pelatihan CEH dari Course-Net dan EC-Council? Hubungi Tim kami 🙂

whatsapp coursenet, promo kursus, logo whatsapp, tombol whatsapp