6 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Jadi Target Empuk Para Hacker di Internet

15:46 By 0 Comments

6 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Jadi Target Empuk Para Hacker di Internet – Internet menjadi teknologi yang sangat penting di era modern seperti sekarang. Dengan internet, seseorang bisa mempelajari berbagai hal secara mudah. Hanya saja, internet juga menimbulkan ancaman bahaya tersendiri. Berbagai jenis cybercrime terjadi sejak kemunculan internet. Mulai dari aksi peretasan akun email, pembobolan kartu kredit, hingga pencurian data penting perusahaan.

Hanya saja, terkadang aksi cybercrime tersebut terjadi karena tingkat kewaspadaan yang kurang dari para pengguna internet. Hal tersebut pun terlihat jelas dalam kebiasaan mereka ketika berselancar di dunia maya. Setidaknya, terdapat 6 kebiasaan yang membuat seorang pengguna internet menjadi sasaran empuk hacker, yakni:

Buka dokumen penting dengan Wifi publik

Bagi seorang hacker, wifi publik merupakan target yang sangat mudah. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengakses data penting saat menggunakan akses internet dengan WiFi publik. Dengan WiFi tersebut, kamu memang dapat berinternet gratis. Namun, kalau harus dibayar mahal dengan pencurian data penting?

Mengisi formulir online tanpa pertimbangan panjang

Jangan mudah percaya dengan kuisioner atau survei yang diadakan di internet. Apalagi, kalau sampai kamu menuliskan data pribadimu secara komplit di formulir yang tersedia. Hal ini bisa berakibat hal yang tak mengenakkan. Salah satunya adalah email spam.

Membagikan data pribadi

Menuliskan data pribadi secara lengkap di media sosial juga sebaiknya dihindari. Misalnya, nomor telepon, alamat rumah, foto pribadi, dan lain-lain. Bisa jadi, ada pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan data pribadimu untuk kepentingan mereka. Misalnya, menggunakan fotomu untuk akun palsu yang kemudian dipakai sebagai akun buzzer.

Menggunakan password yang sama untuk semua akun

Jangan sekali-kali menggunakan password yang sama untuk semua akunmu. Baik akun email, media sosial, dan lain-lain. Akibatnya, kalau satu akun berhasil dibobol oleh hacker, akun lain bakal menyusul tak berapa lama.

Password yang mudah ditebak

Selain jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun, kamu juga perlu memastikan bahwa password tersebut sulit untuk ditebak. Banyak aksi peretasan yang terjadi karena penggunaan password yang gampang ditebak. Di antaranya adalah 111111, 123456, nama lengkapmu, tanggal lahir, dan lainnya.

Sebagai gantinya, kamu perlu memikirkan kombinasi angka dan huruf yang sulit di tebak oleh orang lain. Selain itu, menggunakan tulisan alay sebagai password juga bisa menjadi pertimbangan bagus. Karena semakin banyak kombinasi angka, huruf, dan huruf kapital yang digunakan, bakal semakin baik.

Menyetujui Privacy Policy tanpa membacanya

Saat menggunakan sebuah aplikasi, mendaftar akun baru, atau aktivitas serupa di komputer, selalu disertai dengan permintaan persetujuan privacy policy atau kadang tertulis license term. Kebanyakan, pengguna internet tidak membacanya dan langsung mencentang kolom yang tersedia dan mengklik tombol accept.

Padahal, privacy policy tersebut sangat penting untuk dibaca. Dari situ, kamu bisa mengetahui seberapa jauh datamu digunakan oleh penyedia layanan tersebut. Tulisannya memang agak panjang. Namun, hal tersebut sangat penting untuk menjaga privasimu di dunia internet.

Nah, dari 6 kebiasaan tersebut, mana yang sering kamu lakukan?

Untuk mengetahui informasi lainnya, tetap pantau terus update-an dari Course-Net ya. Bisa juga bergabung bersama Course-Net jika ingin mengikuti kursus andorid, kursus networking, kursus cyber security, atau mungkin belajar hacker Indonesia.