5 Tips Membuat Website yang Menarik

5 Tips Membuat Website yang Menarik

Kesempatan kali ini Course-Net akan memberikan 5 tips membuat website yang menarik dan layak dikunjungi. Mengapa demikian? Karena dengan tampilan website yang menarik tentunya akan memancing para pengunjung untuk berdatangan atau kembali datang lagi.

Website sering disebut juga dengan situs, situs web, site, atau portal. Secara penerapannya, website adalah sekumpulan halaman informasi yang telah disediakan pada jaringan internet sehingga dapat diakses darimanapun. Selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu, Anda bisa mengakses sebuah website. Website juga merupakan kolaborasi yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Baca juga : Peluang emas web developer

Tips Membuat Website Menarik

Sebuah situs web yang bagus adalah situs yang dapat menarik minat pengunjung serta menghasilkan banyak trafik pada web tersebut. Berikut adalah beberapa tips jitu yang dapat digunakan untuk membuat website yang lebih bermanfaat , responsif, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

1. Gunakan font yang mudah dibaca

Meskipun gaya font yang rumit dapat menjadi lebih menarik, namun menggunakan font yang lebih mudah dibaca merupakan keputusan yang lebih baik. Perlu diingat bahwa jenis San Serif Font adalah yang paling banyak diterima untuk desain online, dan Font Serif paling tepat untuk desain cetak.

Saat Anda menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam sebuah desain yang sama akan membuat konten tersebut terlihat kurang scannable. Jangan ragu untuk menggaris-bawahi dan menebalkan kata kunci atau link untuk membuat mereka lebih menonjol dan menarik lagi.

2. Desain yang responsif

Di era digital sekarang ini pendekatan yang paling penting untuk website adalah desain yang responsif. Hal ini akan membuat website Anda untuk terlihat dan berfungsi dengan baik pada perangkat mobile, tablet, maupun desktop. Pendekatan yang paling mendasar  pada 2 versi dari website yang sama, yaitu mobile dan desktop. Sedangkan fitur responsif akan secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar para pengguna.

3. Gunakan navigasi yang mudah

Sebuah navigasi yang baik di dalam situs Anda biasanya berada di atas sebuah halaman. Pada umumnya, halaman-halaman yang penting diletakkan pada navigasi atas. Untuk halaman atau tautan (link) yang tidak terlalu penting, biasanya diletakkan di bagian bawah (footer).

Mengapa navigasi yang mudah sangat diperlukan? Coba Anda bayangkan sebagai pengguna sebuah website. Apabila Anda membutuhkan informasi dengan waktu yang terbatas, tentunya Anda sendiri akan kesal apabila sebuah website tidak bekerja sebagaimana seharusnya, dan navigasi yang ada di website tersebut sulit untuk digunakan. Untuk itu, navigasi yang mudah sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung ke website Anda.

4. Perhatikan kecepatan website Anda

Bagi sebagian orang, waktu adalah hal yang sangat penting. Pastikan bahwa waktu load speed website Anda dalam waktu 3 sampai 5 detik. Kecepatan website adalah fitur yang benar-benar krusial dan juga salah satu alasan utama mengapa pengunjung akan berhenti mengunjungi website Anda. Belum lagi, fakta bahwa itu sangat berpengaruh peringkat website pada search engine.

5. Mulailah hindari flash

Perlu Anda ketahui, Adobe Flash kini digunakan untuk menjadi standar dalam membuat interaksi dan animasi pada halaman website. Namun itu dulu, saat ini CSS3, HTML5 dan Javascript menjadi pilihan yang lebih cerdas untuk memberikan website Anda pengalaman yang lebih dinamis dan pastinya lebih menarik.

Jadi jika Anda ingin menambahkan animasi ke website, cari di Google dan pasti Anda akan menemukan plugin-plugin javascript/jquery yang bisa membantu dalam membuat fungsionalitas yang lebih untuk website Anda.

Baca juga : Optimalisasi Penggunaan JavaScript Untuk Meningkatkan Performa Website

Itulah beberapa tips membuat tampilan website Anda lebih menarik. Nilai positif jika website Anda dapat menarik pengunjung dan menghasilkan traffik, tentunya dapat meningkatkan income kepada Anda. Ingin tahu lebih banyak bagaimana membuat website yang menarik? Anda dapat mengikuti coaching front end developer di Course-Net.

Program coaching tersebut akan memberikan pengetahuan lebih kepada Anda bagaimana merancang UI dan UX yang baik pada website dan tentunya Anda akan diajarkan hingga bisa meskipun tidak punya basic dalam membangun website, seperti peserta kursus web desain satu ini.

Bagaimana? Mulai tertarik belajar web desain, yuk cek promo dan jadwalnya di Course-Net segera!!

whatsapp cs1 | Course-Net

whatsapp cs2 | Course-Net

Leave a Reply