5 Tips Belajar untuk Lulus Ujian Sertifikasi CCNA

5 Tips Belajar untuk Lulus Ujian Sertifikasi CCNA

Cisco Certified Network Associate (CCNA) adalah sertifikasi keamanan jaringan yang merupakan salah satu sertifikasi paling diakui di dunia. Sertifikat ini membantu para kandidat meningkatkan karir profesional mereka dengan pekerjaan yang lebih baik dan tentunya gaji yang lebih tinggi. Sertifikasi CCNA membuktikan kemampuan individu untuk mengkonfigurasi, mengoperasikan, dan mengatasi masalah-masalah pada jaringan.

Artikel Course-Net kali ini dirancang untuk membantu Anda mempersiapkan ujian sertifikasi CCNA. Course-Net akan memberikan beberapa tips, trik, dan catatan penting yang dapat membantu Anda belajar bagaimana mempersiapkan diri untuk ujian CCNA.

Perlu Anda ketahui, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang mengapa Anda ingin mencapai sertifikasi CCNA terlebih dahulu. Dengan tujuan yang jelas dalam hal mempelajari dan menjadwalkan ujian Anda. Berikut ini tips belajar untuk lulus ujian sertifikasi CCNA ala Course-Net:

1. Dapatkan pengalaman praktis

Tips yang pertama, Anda membutuhkan pengetahuan teoretis dan praktis untuk lulus ujian Cisco Certified Network Associate (CCNA). Saat Anda bersiap untuk ujian, Anda diwajibkan dapat menggunakan informasi teoritis dalam pemecahan masalah-masalah jaringan yang sebenarnya.

Contohnya masalah umum mengetahui bahwa IP tidak dapat bekerja dengan baik tetapi masalah utamanya adalah Anda harus dapat menentukan pemecahan masalah komunikasi alternatif antar IP.

2. Dapatkan bahan belajar yang tepat

Persiapan ujian CCNA termasuk mengumpulkan bahan belajar yang tepat. Materi terbaik untuk dipelajari untuk ujian CCNA adalah edisi terbaru dari buku-buku Cisco: Cisco CCENT / CCNA ICND 1 dan CCNA Routing and Switching ICND2 .

Pastikan untuk membahas pertanyaan latihan dan praktikum. Tetapi sebelum Anda benar-benar mulai dengan buku-buku yang disebutkan di atas, belajarlah bekerja dengan matematika biner. Kasarnya, Anda harus bisa menghitung dalam tidur Anda sebelum mengikuti ujian CCNA. Dengan memiliki pengetahuan ini akan membantu Anda untuk lulus CCNA.

3. Jadwalkan tes latihan

Jadwalkan tes latihan sebelum tanggal ujian yang dijadwalkan. Tetapkan tenggat waktu untuk Anda dan periksa apa yang telah Anda pelajari di antara waktu tenggat tersebut. Anda akan menemukan bidang-bidang yang paling perlu Anda tingkatkan yang dinilai masih kurang baik.

4. Refresh pengetahuan Anda sebelum ujian

Course-Net merekomendasikan membaca kembali materi-materi yang Anda miliki sebelum tanggal ujian jadwal Anda. Ini akan membantu Anda menyegarkan ingatan Anda, serta membantu Anda mengidentifikasi apa pun yang mungkin Anda lewati untuk pertama kalinya.

Beberapa minggu terakhir sebelum ujian harus sepenuhnya dikhususkan untuk menyelesaikan pertanyaan. Cobalah untuk menemukan pertanyaan baru dengan mencari di forum internet. Ini harus menjadi titik ketika Anda telah secara efektif memahami konsep-konsep jaringan yang akan ada pada sertifikasi CCNA Anda.

5. Tenang dan Istirahat

Beri diri Anda waktu istirahat beberapa hari terakhir sebelum ujian. Tenang saja dan cobalah untuk santai. Tidur malam yang nyenyak sangat penting sebelum ujian.

2 Hal lain yang perlu diingat saat ujian CCNA:

1. CCNA Komprehensif

Ujian CCNA berisi pertanyaan tentang berbagai topik berdasarkan studi TCP / IP hingga protokol perutean paling komprehensif dengan spanning tree protocol. Dengan begitu banyak belajar, ujian mungkin tampak sulit untuk dilalui.

2. Ujian CCNA Cepat

Ujian Cisco Certified Network Associate (CCNA) mencakup 50-60 pertanyaan dan membutuhkan 90 menit untuk menyelesaikannya. Bahkan jika Anda siap, menjawab bahwa banyak pertanyaan dalam waktu yang singkat dapat membuat stres. Ingat pelatihan dan pengalaman Anda! Banyak pertanyaan mencakup masalah dunia nyata.

Kesimpulan

Sertifikasi CCNA tak hanya membuka pintu untuk sukses berkarir menjadi Network Engineer handal. Anda akan dapat memasarkan diri Anda sebagai pakar jaringan dengan pengakuan di dunia internasional. Sertifikasi membuktikan bahwa Anda lebih berpengetahuan daripada rekan-rekan yang tidak bersertifikat.

Course-Net memberikan pelatihan untuk Anda yang ingin menjadi network engineer dalam hitungan minggu. Anda tidak hanya belajar teori saja melainkan praktek langsung pada devicenya. Dengan Coach yang berpengalaman dibidangnya, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu CCNA saja melainkan tips trik jaringan di lapangan plus tips sukses mendapatkan sertifikasi CCNA. Tertarik? Hubungi tim kami dibawah ini.

Klik WA

Tinggalkan Balasan