You are currently viewing 5 Teknik Visualisasi Data di depan Atasan

5 Teknik Visualisasi Data di depan Atasan

Teknik Visualisasi Data – Saat ini, Data telah menjadi alat pendukung untuk meyakinkan manajemen. Data-data ini bisa berasal dari banyak sumber seperti data leads harian, data trends pasar hingga data penjualan per harinya. Seluruh data tersebut harus diolah dengan baik untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan.

Untuk mempermudah manajemen/atasan Anda menyimpulkan data perlu adanya visualisasi data. Visualisasi data adalah representasi grafis dari data. Dengan Anda menerapkan teknik ini yang mengubah kumpulan data-data terstruktur dan tidak terstruktur menjadi visual maka jauh lebih mudah laporan Anda dipahami oleh atasan.

5 Teknik Visualisasi Data di Depan Atasan

Saat Anda mempresentasikan laporan kepada atasan maka anda adalah seorang komunikator yang menyampaikan data dengan visual sehingga atasan yang kurang bisa membaca data akan lebih cepat memahaminya. Visualisasi data adalah teknik yang tepat untuk laporan ataupun presentasi.

Penggunaan teknik ini dalam laporan haruslah tepat karena jika Anda salah dalam menyajikan data maka akan merusak laporan yang ada. Pada kesempatan ini, Course-Net sebagai Lembaga Pelatihan IT Coaching akan membagikan 5 teknik visualisasi data guna mempermudah Anda menyusun laporan dan presentasi di depan atasan.

1. Menggunakan Chart yang Tepat

Gunakan chart yang tepat

Jika Anda membuat laporan dengan powerpoint maka Anda dapat melakukan visualisasi data dengan chart. Masing-masing chart tentu memiliki penggunaannya tersendiri. Pastikan Anda mengetahui fungsi dari chart tersebut sebelum menggunakannya. Pemilihan chart juga termasuk hal yang penting dalam visualisasi data.

2. Menyajikan Data yang Penting

Menyajikan Data yang Penting

Saat Anda melakukan scraping data pada database, tentu Anda akan menemukan banyak sekali data. Namun tidak semua data harus Anda jabarkan dalam visualisasi data. Poin terpenting dari visualisasi data adalah ringkas, dari data yang banyak difilter menjadi data-data yang diperlukan saja. Meskipun ringkas, namun visualisasi data harus dapat mewakili informasi yang komprehensif.

Contoh kasus, saat Anda memvisualisasikan data demografi wilayah peserta pelatihan data science bulan Oktober maka Anda tidak perlu menampilkan grafik. Cukup tampilkan lokasi berdasarkan kota dan jumla peserta pada tabel.

3. Menggunakan foto dan grafis secukupnya

Gunakan foto dan grafis secukupnya

Dalam laporan atau presentasi Anda, ada baiknya menggunakan foto atau grafis secukupnya. Jika data perlu menggunakan gambar maka berikan gambar yang sesuai misalnya IG Feed yang disukai followers. Namun ada baiknya, Anda membatasi grafik dan icon/gambar pada 1 slide karena desain yang bagus adalah desain yang mampu menyampaikan maksud dan tujuannya.

4. Gunakan hirarki logis

Gunakan hirarki logis

Apabila data yang Anda gunakan berbentuk tabel yang memiliki nilai maka Anda perlu menggunakan hirarki. Hirarki dapat membantu Anda dalam menyampaikan data di depan atasan. Hirarki juga bisa disusun dari nilai terbanyak, alphabet dan unsur-unsur lain dalam data.

5. Kombinasikan dengan software visualisasi lain

Kombinasikan dengan software visualisasi lain

Terakhir namun poin yang utama dalam teknik visualisasi data adalah penggunaan software visual yang khusus seperti Illustrator, Photoshop atau Python. Penggunaan software ini akan memperbaiki estetika dan akurasi visual dalam visualisasi data. Chart yang disediakan PowerPoint dapat digunakan sebagai sketsa atau bentuk dasar visualisasi data yang akan dirancang pada software desain.

Nah itulah 5 teknik visualisasi data di depan Atasan agar mudah dimengerti. Bagi Anda yang bingung memvisualisasi data yang benar dengan big data, Anda dapat mengikuti kursus data science. Untuk Anda yang membaca artikel ini hingga akhir, dapatkan promo menarik dari Course-Net untuk belajar big data.Klik WA