5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup

5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup

5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup – Kerja dalam suatu startup saat ini seperti jadi salah satu yang diimpikan bagi seseorang. Tidak hanya mitosnya startup yang menawarkan penghasilan yang lebih besar, bekerja di startup dapat menjadi patokan nilai baru yang cukup berkelas. Namun, karier seperti apa yang banyak dicari oleh perusahaan tipe ini?

Walaupun setiap perusahaan startup pastinya memilki kebutuhan sumber daya yang tidak sama, ada banyak karier yang cukup umum. Nah, di bawah ini merupakan beberapa jenis pekerjaan yang banyak dicari perusahaan startup.

1. Sales

Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa

Hampir semua perusahaan startup bergerak untuk menjual sesuatu. Namun, sedikit startup yang mempunyai organisasi atau karyawan sales yang hebat. Sekarang ini startup belumlah banyak yang sampai pada titik untuk temukan orang dengan potensi terbaik yang dapat diperuntukkan untuk bagian sales atau penjualan.

Oleh sebab itu, dunia startup sekarang cari orang-orang yang sanggup menjual serta memahami kesempatan yang tepat dalam menjual produk mereka. Oleh karenanya Anda butuh semua kemampuan yang dipunyai oleh orang sales agar dibutuhkan banyak startup yang sedang mencari sales terbaik.

Contohnya, untuk sukses dibagian ini Anda butuh kapabilitas untuk dapat menjadi persuasif, hebat dalam bernegosiasi, dapat mencapai semua kalangan, serta baik dalam jaga beragam jenis hubungan atau networking. Anda harus tahan banting serta terlatih seringkali mendapatkan penolakan.

2. UX (User Experience) Researcher

UX Researcher sadalah seseorang yang membantu perusahaan dalam cakupan user experience, mulai dari mencari permasalahan/fakta UX, memahami kebutuhan/pengalaman pengguna, hingga memberikan hasil akhir yang dapat digunakan oleh tim design/product.

Jenis pekerjaan yang dicari startup lainnya adalah UX. Seorang UX atau User Experience Researcher tak memerlukan kapabilitas dalam coding. Malah, kapabilitas yang paling diperlukan oleh karier satu ini ialah kemampuan Anda dalam meriset keinginan para pengguna. Anda akan bekerja dalam membangun startup sesuai keinginan dari kebutuhan para pengguna.

Agar dapat jadi salah satunya menempati posisi UX Researcher, Anda membutuhkan kapabilitas meriset yang baik, kapabilitas mewawancara pengguna serta memperoleh pandangan yang diperlukan, serta pengalaman dalam kumpulkan dan mengolah data kualitatif serta kuantitatif.

3. Analis Data

Analisis data adalah upaya atau cara untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, tertutama masalah yang berkaitan dengan penelitian.

Startup adalah perusahaan kekinian yang kaya dengan data yang dipakai sebagai alat fundamental dalam membuat keputusan. Oleh karenanya, startup akan memerlukan beberapa orang yang dapat mengukur data serta menginterpretasikannya.

Kapabilitas dan posisi ini mempunyai keinginan yang tinggi sekali antara disiplin pengetahuan lain dan posisi lainnya. Jadi, Anda yang mempunyai kapabilitas hebat dalam memproses data serta angka, tunjukkanlah keahlian Anda disini. Atau, Anda dapat juga mulai dengan belajar menguasai konsep dasar dari statistik, Anda dapat mengikuti kursus data science di Course-Net untuk mempelajari data-data dan menginterpretasikannya.

4. Digital Marketing

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online.

Posisi ini banyak dibuka dimana saja, tetapi banyak juga pelamarnya. Untuk membuat Anda menonjol antara beberapa pelamar lain, Anda butuh tahu jika digital marketer di perusahaan startup harus mempunyai kapabilitas teknis, dapat membuat konten yang sesuai dengan target pengguna, serta pahami konsep SEO.

Tidak lupa yang paling penting ialah Anda akan perlu kemampuan untuk mengarahkan perkembangan produk lewat bermacam kanal yang berbeda-beda. Serta perlu Anda ketahui, kadangkala startup mempunyai dana marketing yang terbatas jadi Anda harus kreatif untuk menangani rintangan itu.

Untuk menjadi digital marketing handal, Anda bisa mengikuti kursus digital marketing terbaik di Course-Net. Anda Akan banyak belajar tentang seluk beluk digital marketing. Mulai dari Customer persona hingga membuat iklan di Google.

5. Customer Service

Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan.

Setiap perusahaan startup yang mempunyai konsumen pasti berupaya untuk menjaga mereka di sisinya dengan membuat mereka tetap senang dengan layanan yang disediakan. Ini membuat hadirnya karier Customer Service benar-benar diperlukan di startup. Terutama para pemain e-commerce di Indonesia saat ini.

Kapabilitas untuk mengubah rasa frustasi konsumen jadi lebih baik sangat dibutuhkan untuk memperoleh posisi ini di sebuah startup. Memang tidak ringan, tetapi kemampuan ini cukuplah penting. Disamping itu, Customer Service yang baik mesti sanggup memiliki empati yang tinggi, responsive, serta bisa menentramkan situasi.

Bila Anda benar-benar ingin kerja di startup, kuasai beberapa kapabilitas yang diperlukan oleh beberapa karier di atas kemungkinan akan dibutuhkan. Ini akan membantu Anda mempunyai kesempatan makin banyak serta semakin besar. Segera miliki skill spesifik untuk membangun karier Anda untuk lebih baik lagi. Hubungi tim kami untuk membantu Anda.

Klik WA

Leave a Reply