5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup

5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup

5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Startup – Saat ini, bekerja di sebuah startup ternama seperti menjadi salah satu keinginan setiap lulusan sarjana. Faktanya, banyak yang bekerja di startup yang mendapatkan penghasilan besar setiap bulannya. 

Karena alasan itulah, banyak yang berlomba-lomba untuk berkarir di startup. Namun, karir seperti apa yang banyak dicari oleh sebuah startup?

Walaupun setiap perusahaan startup memilki kebutuhan sumber daya yang berbeda-beda, ada banyak karir yang cukup umum baik di startup maupun perusahaan lain. Di bawah ini merupakan beberapa jenis pekerjaan yang banyak dicari perusahaan startup secara garis besar.

1. Sales

Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa

Hampir semua perusahaan startup bergerak untuk menjual produknya. Namun, masih sedikit startup yang mempunyai sales yang andal. Beberapa startup belum menemukan karyawan yang memiliki keahlian dibidang marketing.

Ada banyak startup sedang mencari kandidat karyawan yang memiliki keahlian sebagai sales. Untuk berkarir dibagian sales, Anda butuh kemampuan seperti memahami produk, kemampuan presentasi hingga fokus kepada target.

2. UX (User Experience) Researcher

UX Researcher sadalah seseorang yang membantu perusahaan dalam cakupan user experience, mulai dari mencari permasalahan/fakta UX, memahami kebutuhan/pengalaman pengguna, hingga memberikan hasil akhir yang dapat digunakan oleh tim design/product.

Jenis pekerjaan yang dicari startup lainnya adalah UX. Seorang UX atau User Experience Researcher tidak memerlukan kemampuan dalam coding. Justru kemampuan yang sangat diperlukan pada karir satu ini ialah kemampuan Anda dalam meriset keinginan para pengguna (user).

Tanggung jawab dari seorang UX adalah membangun startup sesuai kebutuhan para pengguna. Untuk dapat berkarir menjadi UX Researcher andal di perusahaan startup, Anda harus memiliki kemampuan menganalisa keinginan pengguna produk Anda, kemampuan mewawancarai atau survei dan piawai dalam mengolah data.

3. Analis Data

Analisis data adalah upaya atau cara untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, tertutama masalah yang berkaitan dengan penelitian.

Startup adalah perusahaan kekinian yang kaya akan data. Data-data tersebut digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan. Oleh karenanya, startup akan memerlukan beberapa orang yang dapat menganalisa data serta menginterpretasikannya.

Jika Anda mempunyai kemampuan dalam menganalisa sebuah data atau big data, tunjukkanlah keahlian Anda disini. Atau, Anda dapat juga mulai dengan belajar menguasai konsep dasar dari statistik, Anda dapat mengikuti kursus data science di Course-Net untuk mempelajari big data dan menginterpretasikannya.

4. Digital Marketing

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online.

Lowongan sebagai digital marketer di startup selalu menjadi incaran banyak orang. Anda perlu tahu jika digital marketer di perusahaan startup harus mempunyai kemampuan teknis, bisa membuat konten yang sesuai dengan target pengguna, serta menguasai SEO maupun SEM.

Untuk berkarir dibidang digital marketing, Anda perlu kemampuan untuk mempromosikan produk melalui berbagai kanal. Kadangkala startup mempunyai dana marketing yang terbatas jadi Anda harus kreatif untuk menangani rintangan itu.

Untuk menjadi digital marketer andal, Anda bisa mengikuti kursus digital marketing terbaik di Course-Net. Anda akan banyak belajar tentang seluk beluk digital marketing. Mulai dari customer persona hingga membuat iklan di Google.

5. Customer Service

Jenis Pekerjaan Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan.

Setiap perusahaan startup yang mempunyai customer pasti berupaya untuk menjaga mereka dengan membuat mereka tetap senang dengan layanan yang disediakan. Hal inilah yang membuat customer service benar-benar diperlukan oleh startup terutama e-commerce di Indonesia.

Kemampuan dari customer service untuk mengubah rasa frustasi customer jadi lebih baik sangat dibutuhkan untuk memperoleh posisi ini. Memang tidak mudah, tetapi kemampuan ini cukuplah penting. Disamping itu, customer service yang baik harus sanggup memiliki empati yang tinggi, responsive, serta bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah customer.

Bagi Anda yang ingin kerja di startup, kuasai beberapa kemampuan yang dibutuhkan. Dengan memiliki kemampuan atau skill yang spesifik maka Anda akan mendapatkan nilai lebih dibanding yang lain. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan IT di Course-Net untuk mendapatkannya.

Hubungi tim kami sekarang juga untuk membantu Anda berkarir di perusahaan startup dengan skill spesifik.

Klik WA

Tinggalkan Balasan