5 Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WiFi di Android

5 Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WiFi di Android

Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WiFi di Android – Smartphone kini semakin canggih dengan begitu banyaknya fitur yang lengkap. Salah satu contoh fitur yang sangat dibutuhkan yaitu konektivitas wifi. Konektifitas wifi ini sangat diperlukan terutama bagi Anda yang tidak memiliki paket internet (paket data seluler).

Dengan adanya fitur Wifi ini Anda bisa mengakses internet tanpa paket data. Sehingga akan mempermudah pekerjaan Anda dan tentu akan menghemat kuota yang dimiliki. Namun Anda jangan senang dahulu karena fitur ini kadangkala mengalami error yang cukup menjengkelkan.

Error yang muncul ketika akan menyambungkan wifi ke smartphone Anda yaitu masalah autentifikasi atau tidak bisa menyambung ke smartphone. Tetapi masalah ini bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa dipastikan.

Sehingga mungkin akan mengganggu pekerjaan dan membuat pekerjaan Anda tidak selesai tepat waktu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah autentifikasi ini.

Penyebab Masalah Autentifikasi Wifi

 

Tetapi sebelumnya di bawah ini terdapat penyebab yang menjadi faktor masalah autentifikasi wifi di smartphone Anda.

  1. Salah memasukkan password
  2. Terjadi masalah pada system android
  3. Smartphone Anda terblokir oleh router
  4. Pengaturan akses wifi telah dibatasi

Itulah 4 penyebab yang sering terjadi pada smartphone android ketika akan menyambungkan wifi ke perangkat.

Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WiFi di Android

Pada artikel kali ini juga akan membahas mengenai cara mengatasi masalah Autentifikasi WiFi ini di smartphone android. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar wifi dapat digunakan kembali. Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Reboot atau Nyalakan Ulang Smartphone

Jika wifi sudah berkali-kali dicoba dan hasilnya tetap tidak bisa terhubung, Anda mungkin harus menyalakan ulang smartphone kesayangan Anda. Caranya pasti Anda sudah tahu bukan, cara reboot atau restart Yang Anda miliki? Hanya dengan menekan tombol power sampai muncul reboot kemudian klik tombol reboot yang muncul di layar.

2. Membuka Blokir IP Android Anda

Cara membuka blokir IP android Anda yang dengan menggunakan bantuan smartphone lain yang masih terhubung wifi. Caranya yaitu masuk ke halaman admin router yang dipakai dengan menggunakan mesin penelusur. Setelah itu masuk ke pengaturan user dan cari IP android Anda kemudian buka blokir.

3. Lupakan Jaringan Wifi Terlebih Dahulu

Cara yang ketiga yaitu dengan menekan tombol lupakan pada jaringan wifi yang terjadi masalah autentifikasi. Setelah itu sambungkan kembali dengan menulis password wifi yang sudah Anda ketahui. Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan terhubung, tetapi jika terjadi masalah lagi maka ikuti cara di bawah ini.

4. Mengganti Password Wifi

Jika wifi di rumah terjadi masalah autentifikasi ketika akan dihubungkan. Maka Anda perlu mengakses halaman admin yang disesuaikan dengan merk router Anda. Sebagai contoh cari ip 192.168.1.1 pada browser Anda. Setelah itu masukkan username dan password router yang Anda miliki dengan benar. Kemudian buka pengaturan keamanan untuk mengganti password yang baru.

5. Minta Bantuan Teknisi

Jika cara di atas belum cukup untuk memperbaiki masalah autentifikasi maka Anda perlu meminta bantuan teknisi. Teknisi ini sangat ahli dalam bidang memasang, memperbaiki dan melepas wifi di rumah Anda. Teknisi ini biasanya yang sudah memasang wifi di rumah Anda pada saat awal pemasangan. Sehingga Anda tidak perlu mencari kontak yang bisa dihubungi karena Anda pastinya sudah memiliki.

Itulah penyebab dan cara mengatasi masalah autentifikasi wifi pada smartphone android dengan beberapa cara yang mudah. Ingin bisa memperbaiki jaringan sendiri? Anda bisa mulai pelajari Networking Cisco CCNA. Dengan memiliki skill Networking CCNA, Anda tidak perlu memanggil teknisi bahkan Anda bisa membuka bisnis teknisi jaringan.

Berminat untuk memiliki skill ini? Silahkan cek Halaman Cisco CCNA

Leave a Reply