5+ Cara Jitu Menjadi Marketing Handal di Perusahaan Startup

Bagi sebagian besar perusahaan startup yang sedang merintis bisnis, kehadiran sosok  digital marketer amatlah penting untuk membangun branding yang baik. Oleh karena itu, profesi digital marketing/internet marketing kini menjadi posisi yang diburu oleh perusahaan startup.

Namun kendati demikian, Course-Net memiliki kabar baik untuk Anda. Anda tidak perlu menjalani pendidikan formal selama beberapa tahun untuk menguasai digital marketing. Berikut adalah cara menjadi marketing handal yang dapat Anda terapkan di Era Industri 4.0.

1. Terjun langsung dalam dunia digital marketing

Cara pertama yang cukup efektif untuk mempelajari komponen dalam dunia digital marketing. Pada cara satu ini, Anda hanya perlu membuat sebuah proyek kecil-kecilan seperti website atau blog. Tujuannya adalah memperlajari komponen dari website hingga memastikan traffic website terus naik hingga menghasilkan sebuah keuntungan.

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan:

  • Membuat sebuah web/blog dengan tema yang Anda kuasai. Pergunakanlah domain berbayar (.com,.net,dll) agar lebih efektif.
  • Mempelajari teknik Search Engine Optimization (SEO) dan mengimplemtasikan dalam website Anda.
  • Pasang Google Analytics untuk memonitoring setiap kunjungan.
  • Membuat akun pada tools untuk mengetahui potensi keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang.
  • Membuat akun Facebook sebagai media promosi, lalu promosikan website melalui iklan Facebook. Di tahap ini, Anda perlu merogoh kantong untuk biaya iklan, sebagai keuntungannya website Anda akan dilihat banyak orang.
  • Pastikan website Anda memiliki tombol like dan share, serta dapat dibagikan ke media sosial lain.
  • Disarankan Anda membuat e-mail khusus pada layanan email marketing seperti MailChimp, Aweber, dan sebagainya.

Setelah Anda melakukan seluruh langkah diatas, langkah selanjutnya adalah memantau perkembangan web yang telah Anda bangun. Catatlah setiap tren hingga kendala yang Anda alami selama menjalani proyek mini ini.

2. Memahami fungsi media visual

Tahukah Anda, masyarakat masa kini lebih tertarik pada konten-konten yang dilengkapi dengan media visual, bisa berupa foto, video, animasi, hingga infografik yang memberikan edukasi lebih. Hal ini dikarenakan informasi yang ada di media visual lebih menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Konten Anda yang memiliki gambar bahkan memiliki jumlah view 95% lebih banyak dibandingkan konten-konten yang hanya berisi tulisan saja. Jadi, mulailah dari sekarang mempelajari cara bagaimana menggunakan media visual agar calon pelanggan Anda semakin tertarik.

3. Menguasai teknologi marketing terbaru

Seorang internet marketer yang handal diwajibkan menguasai setiap teknologi terbaru yang digunakan dalam dunia marketing. Hal ini dikarenakan, penerapan teknologi ini bertujuan untuk mengelola pekerjaan Anda dan mengoptimalkan hasilnya yang Anda dapatkan.

Aplikasi dan tools yang sering dipakai dalam dunia digital marketing antara lain Google Analytics, Hootsuite, dan masih banyak lagi. Jika Anda terbiasa dengan tools yang disebutkan, Anda akan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih efektif.

4. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Hubungan dengan klien/pelanggan tidak terbatas pada proses sales dan promosi produk. Sebagai seorang marketer professional, Anda harus mampu menjadi rekan strategis yang menyediakan informasi produk berdasarkan kebutuhan pasar yang ada.

Ada beberapa skill yang perlu Anda miliki untuk dapat menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Di antaranya dengan berkomunikasi dengan rasa percaya diri tinggi, kemampuan memengaruhi orang lain, serta membangun jaringan yang profesional.

5. Mengacu selalu pada data

Seorang marketer handal mengukur kesuksesan strateginya berdasarkan data. Data-data inilah yang akan Anda analisis untuk memperoleh gambaran terkait nilai penghasilan, perilaku konsumen, hingga strategi sales kedepannya.

Hasil dari analisis data-data tersebut tidak hanya penting bagi divisi marketing, tapi juga perusahaan secara keseluruhan. Melalui hasil dari analisis data, divisi lain dapat menentukan jenis produk apa atau pelanggan seperti apa yang perlu diprioritaskan.

6. Mengikuti kelas digital marketing

Beberapa orang dapat belajar dari buku atau artikel sebelum langsung memulai sebuah proyek. Namun, ada juga orang-orang yang harus mengikuti langkah demi langkah untuk dapat memahami suatu materi dengan baik.

Jika Anda membutuhkan sumber pembelajaran tambahan mengenai dunia marketing, Anda bisa mengikuti kursus digital marketing di Course-Net. Anda akan diajarkan oleh coach yang berpengalaman dibidang digital marketing. Simak cerita dari Business Owner ini.

Dengan mengikuti program coaching digital marketing di Course-Net. Anda akan tahu cara bikin iklan di Google, Facebook, Instagram, dan diajarkan juga tips dan triknya iklan yang efesien. Anda juga akan diajarkan bikin website Anda sendiri dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya bisa menghubungi kami dibawah ini.

Klik WA

Leave a Reply