5 Aplikasi Password Manager Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

21 February 2018 By 0 Comments

kursus jaringan komputer, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta, kursus teknisi komputer dan jaringan

5 Aplikasi Password Manager Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui – Beragam layanan kini hadir dalam sebuah aplikasi yang dapat dengan mudah diunduh oleh pengguna smartphone. Namun untuk mengaksesnya, Anda diharuskan menginput kata sandi atau password.

Agar lebih aman, Anda disarankan untuk menggunakan password yang berbeda dalam setiap aplikasi. Sayangnya, tak semua pengguna dengan mudah mengingat password yang ia gunakan untuk mengakses aplikasi smartphone.

Tak perlu khawatir karena Anda bisa menyimpan password dalam sebuah aplikasi password manager. Aplikasi tersebut akan menyimpan kata sandi Anda dari tiap aplikasi sehingga Anda tak perlu menginput setiap kali Anda membuka aplikasi yang ingin Anda akses.

Lantas apa saja aplikasi password terbaik yang bisa diunduh? Berikut 5 aplikasi password manager terbaik, sebagaimana dilansir Lifehacker.


Dashlane

Aplikasi Dashlane dirilis versi beta pada 2012 hingga memulai debutnya pada 2016. Saat dirilis, aplikasi password manager ini langsung populer terlebih berkat antarmuka yang mudah digunakan, keamanan hingga kemudahan lainnya.

aplikasi dashlane, download dashlane, cara menggunakan dashlane, dashlane password manager, dashlane password manager pc

Dahslane juga memiliki dukungan otentikasi dua faktor dan berbagi password dengan kontak darurat, sehingga Anda memiliki kemampuan untuk mengubah password meski tak dapat mengakses akun Anda.

Menariknya, aplikasi ini juga mampu memberi tahu jika akun Anda di sebua situs diretas oleh hacker. Tak ayal jika Dashlane menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik.


KeePass

KeePass juga menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik saat ini. Password Anda akan tersimpan dalam database terenkripsi yang bisa Anda kendalikan pada sistem Anda sendiri tanpa disinkronkan atau diunggah kemana pun.

KeePass juga menjadi aplikasi yang portable sehingga bisa Anda bawa menggunakan komputer. Aplikasi ini memiliki generator kunci sendiri yang dapat membantu Anda mengubah password dan memastikan kata sandi tersebut unik dan kuat.

Database password di KeePass juga dapat dikonfigurasikan dengan beberapa tombol sehingga Anda dapat berbagi akses diantara pengguna khusus. Anda juga bisa mengekspor teks biasa untuk diimpor dengan cepat ke tempat lain atau mem-backupnya. Selain itu Anda bisa menyimpan password secara fisik misalnya dalam sebuah flash disk.


1Password

1Password menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Pasalnya aplikasi ini dinilai menawarkan manajer password dan dompet digital yang kuat dan aman.

Aplikasi password manager terbaik ini terbilang mudah dan fleksibel untuk digunakan. Tak hanya itu, 1Password juga berjalan lancar dalam setiap browser, sehingga membuat penggunanya nyaman.

1Password juga dilengkapi dengan generator kata kunci yang kuat sehingga mampu membantu Anda untuk memilih password terbaik setiap kali hendak mengubahnya.


LastPass

LastPass menjadi aplikasi password manager terbaik bahkan dalam jajaran yang ada dalam daftar ini. Aplikasi ini menjadi aplikasi password manager pertama yang lengkap dan mempermudah penyimpanan semua password secara online.

Password tersebut juga bisa disinkronkan dengan komputer dan perangkat lainnya, baik secara lokal maupun dalam satu perangkat. Sederhananya, LastPass akan mengingat password Anda dan Anda tak perlu repot-repot mengingat kata sandi di berbagai akun Anda.

Aplikasi ini juga mampu mengubah password Anda secara otomatis jika terindikasi terjadi peretasan. LastPass mendukung otentikasi dua faktor untuk password Anda menggunakan Google Authenticator, perangkat USB atau YubiKey.


Roboform 8

Roboform telah hadir cukup lama yakni sejak 1999. Aplikasi ini memiliki tools yang hebat untuk mengisi formulir otomatis di website serta password manager.

Aplikasi password manager terbaik ini juga memberikan Anda pilihan untuk menyimpan password secara lokal atau menyinkronkannya ke website. Fitur menarik lainnya, Anda bisa membawa aplikasi RoboForm dari komputer ke komputer lainnya melalui USB driver.

RoboForm juga memiliki fitur bookmark yang akan membantu Anda melacak situs favorit. RoboForm mendukung Windows, macos, Linux, Android, dan iOS, dengan plugin tersedia untuk Chrome, Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan Opera.

Artikel disadur dari techno.okezone.com

Pantau terus postingan dari Course-Net untuk mengetahui informasi terkini seputar dunia teknologi informatika. Dan untuk kamu yang ingin mendalami dunia teknologi informatika, Course-Net bisa menjadi jawabannya! Tinggal pilih, ingin mengikuti kursus android, kursus networking, kursus cyber security, atau mungkin belajar hacker indonesia.