5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Sulit Mendapatkan Pekerjaan

22 June 2016 By 0 Comments

5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Sulit Mendapatkan Pekerjaan – Menurut data statistik, ada sekitar 400ribu sarjana S1 di Indonesia yang menganggur saat ini. Ini bukanlah jumlah yang sedikit. Setiap hari para lulusan S1 harus berjibaku mengirim lamaran kerja, berdesakan di setiap acara Job Fair demi sekedar mengambil formulir pendaftaran atau mengikuti Walk in Interview, tentunya dengan peluh di sekujur tubuh dan wajah kusut dan rasa frustasi.

Berdasarkan fakta yang dipelajari para ahli, sebenarnya apa 5 faktor yang menjadi penyebab lulusan S1 sulit mendapatkan pekerjaan, yaitu:

Alasan Mengapa Fresh Graduate Sulit Mendapatkan Pekerjaan

kursus komputer bersertifikat terbaik di jakarta tangerang course-net.com

1. Goal Setting

Ketika kita hendak bepergian menggunakan sebuah taxi, sopir taxi pun pasti menanyakan ke mana tempat yang hendak dituju. Seperti itulah analogi goal setting, sebagai penunjuk arah tujuan.

Goal setting sebenarnya merupakan hal yang paling menentukan setiap pencapaian serta jenjang karir seseorang. Goal setting bisa dimulai bahkan saat akan menentukan jurusan perkuliahan yang diambil. Sayangnya banyak yang masih menyepelekan hal ini. Bahkan banyak lulusan S1 yang asal menentukan pemilihan jurusan dan perminatan saat kuliah, salah satunya adalah mental/pemikiran “YANG PENTING LULUS”. Anda tentu bukan salah satu dari mereka kan?

2. Skill Yang Terlalu General

“Memiliki banyak keahlian merupakan hal yang bagus”

Tidak ada yang salah dengan pandangan tersebut. Masalahnya apakah Anda bisa menjadi expert pada seluruh bidang pekerjaan yang ada?

Pelajaran yang diberikan di jenjang Universitas kebanyakan lebih bersifat general atau luas. Hal ini bertujuan untuk memperkuat basic yang dimiliki para lulusan. Di luar itu, kita harus pro-aktif mengembangkan diri serta mempertajam skill pada bidang tertentu bahkan hingga ke level expertise.

Skill inilah yang membuat Anda “berbeda” dari kebanyakan fresh graduate, sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan berkualitas dengan jenjang karier yang jelas di mana kesempatan Anda untuk sukses jelas lebih besar. Setiap perusahaan besar membutuhkan seseorang yang qualified demi mengisi posisi dan tanggung jawab penting. Posisi seperti itu biasanya membutuhkan keahlian yang lebih spesifik.

3. No ‘WOW’ Factor

Jika pada poin kedua lebih membahas skill spesifik yang harus Anda miliki, maka poin ketiga ini akan lebih menekankan pada hasil nyata, yaitu kebanyakan sarjana menganggur karena memang sama sekali tidak punya “SOMETHING WOW”.

Hal apa yang membuat perusahaan harus memilih Anda jika dibandingkan ratusan ribu lulusan lain?

Memiliki sertifikasi yang diakui secara internasional seperti dari pelatihan cisco atau prestasi dalam beberapa perlombaan tingkat nasional maupun internasional menjadi salah satu hal yang dapat membuat perusahaan yakin untuk memilih Anda.

4. Experience

Saat ini, banyak Universitas mulai mewajibkan mahasiswanya untuk internship di suatu perusahaan dan menerapkan ilmu yang selama ini dipelajati di kampus. Bekerja magang merupakan kesempatan terbaik untuk menunjukkan kemampuan serta kapabilitas yang Anda miliki. Selain mendapatkan pengalaman kerja yang nyata, performance Anda tentu bisa menarik perhatian pemilik perusahaan untuk merekrut Anda sebagai pekerja tetap saat lulus nanti.

5. Relasi

Kemampuan unggulan yang dimiliki seseorang terkadang belum cukup. Hampir semua lowongan selalu bisa ditemukan melalui jaringan. Jadi, semakin luas link pergaulan yang Anda miliki, tentu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda akan lebih besar.