4 Software Analis Data Terbaik untuk Data Scientist

4 Software Analis Data Terbaik untuk Data Scientist

4 Software Analis Data Terbaik untuk Data Scientist – Berikut ini adalah software-software yang sering digunakan oleh para data scientist andal dalam melakukan analis data. Seluruh software yang akan Course-Net sebutkan adalah hasil dari wawancara kepada Coach Data Science di Course-Net.

Pada dasarnya software analis data ini mampu melakukan pengolahan, penyortiran data menjadi visualisasi yang lebih mudah dipahami. Hasil dari pengolahan melalui software ini akan memiliki banyak peranan dalam perusahaan. Mulai dari optimasi waktu produksi hingga pengambil keputusan bisnis.

Berikut ini adalah software analis data terbaik yang banyak digunakan data scientist profesional :

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah software pengolah data yang menggunakan spreadsheet untuk manajemen data dan perintah. Faktanya hampir semua perusahaan di Indonesia menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan olah data.

Dalam membantu data scientist, Microsoft Excel memiliki peranan untuk melakukan analisis data skala kecil menjadi lebih mudah.

Beberapa fitur-fitur yang biasa digunakan oleh data scientist dalam Microsoft Excel seperti tabel pivot, add-ins, team, dan macro adalah fitur yang sangat berguna untuk melakukan analisis data.

Terdapat juga formula-formula pendukung seperti financial, statistical, dan engineering yang dapat mempermudah melakukan perhitungan terhadap data menggunakan metode-metode tertentu.

2. MATLAB

MATLAB

MATLAB merupakan software analis data sekaligus bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan engineering. Software analis data ini memiliki keunggulan dalam melakukan analisis yang menggunakan perhitungan aljabar linear (Matriks) dan menampilkan grafik atau visualisasi dengan dukungan kustomisasi yang cukup mudah.

Namun, dalam penggunaannya MATLAB terlihat rumit untuk pengguna yang belum memiliki ilmu engineering (teknik) yang terbiasa dengan bahasa pemrograman ini.

3. SAS

SAS

SAS adalah software analis data yang sudah digunakan oleh sebagian besar negara di dunia untuk melakukan analisis statistika dan perencanaan keuangan.

Indonesia adalah salah satu negara yang telah menjadi pelanggan dan partner setia dari SAS, khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. Software SAS menjadi pilihan terbaik untuk melakukan analisis big data karena pengelolaan resource hardware seperti prosesor dan RAM sangat efisien.

Tahun 2015 lalu, SAS memperoleh peringkat satu “Magic Quadrant” dalam hal eksekusi komputasi pemodelan dan data mining. Software ini juga mempunyai kompatibilitas terhadap software big data yang bisa dibilang lebih muda, seperti Hadoop, Pig dan Hive. Namun, dari segi harga software SAS masih menjadi software termahal di jajaran software analisis data lainnya.

4. SPSS

SPSS

SPSS merupakan software analis data yang cukup populer dikalangan statistikawan untuk melakukan analisis data dalam berbagai keperluan. User interface SPSS mempunyai tampilan yang mirip dengan Microsoft Excel.

Selain itu kedua software ini menggunakan fundamental spreadsheet untuk melakukan olah data. Namun dalam soal perhitungan statistika software SPSS jauh mengungguli Microsoft Excel.

Software SPSS Modeler dan SPSS Statistics diakuisisi oleh IBM pada tahun 2009, dan memiliki pengikut setia di antara para ahli statistik. Software ini mengintegrasikan Hadoop untuk melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan big data.

Itulah beberapa software analis data terbaik yang sering digunakan oleh para data scientist. Bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu data science maka Anda dapat mengikuti kursus data science di Course-Net.

Klik WA