4 Fakta Kartu Prakerja yang Perlu Anda ketahui

4 Fakta Kartu Prakerja yang Perlu Anda ketahui

Beberapa minggu belakangan ini, banyak terdengar berita fakta dan hoax tentang kartu prakerja yang baru dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan adanya kartu ini diharapkan bisa membantu para pemegang kartu prakerja untuk meningkatkan keterampilan yang dimilikinya. Berikut ini fakta yang Anda harus ketahui seputar kartu prakerja ini.

Apa itu Kartu Prakerja

1. Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompetensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan. Setiap pemegang kartu prakerja akan diberikan bantuan biaya pelatihan guna memiliki ataupun meningkatkan keterampilannya.

Dan bagi yang sudah lolos seleksi hanya bisa menerima bantuan ini sekali seumur hidup. 

Apakah hanya pengangguran yang bisa mendapat kartu prakerja2. Apakah hanya pengangguran yang bisa mendapat kartu prakerja?

Tidak, Kok! Orang yang sudah bekerja dan berwirausaha pun boleh mendaftar program kartu prakerja ini. Namun saat ini kartu prakerja juga diprioritaskan untuk para pekerja dan pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Apakah bantuanmanfaat kartu prakerja diberikan secara tunai3. Apakah bantuan/manfaat kartu prakerja diberikan secara tunai?

Tidak. Bantuan ini akan diberikan secara non tunai melalui platform digital dan mitra pembayaran resmi kartu prakerja. Berikut ini mitra pembayaran resmi kartu prakerja antara lain BNI, OVO, Link Aja dan Go Pay.

Berapa kali bantuanmanfaat kartu prakerja diberikan4. Berapa kali bantuan/manfaat kartu prakerja diberikan?

Bantuan akan diberikan 8 kali dalam bentuk :

  • biaya pelatihan senilai Rp 1.000.000 (1 kali)
  • insentif pasca pelatihan senilaiRp 600.000 (4 kali)
  • insentif survey kebekerjaan senilai Rp 50.000 (3 kali)

Total bantuan yang akan diterima sebesar Rp 3.550.000

Saat ini pihak pemerintah sedang membuka pendaftaran gelombang ke 3 mulai dari hari senin, 27 April hingga kamis, 30 April 2020. Untuk melakukan pendaftaran Anda bisa mengunjungi laman resminya di https://www.prakerja.go.id/

Bagi Anda yang telah dinyatakan lolos pada gelombang pertama dan kedua serta ingin memiliki kompetensi dibidang IT seperti :

  • Teknik Coding Dasar Untuk Menjadi Apps Developer
  • Pelatihan Strategi Praktis Menjadi Network Admin & IT Support
  • Tips & Trick Belajar Menjadi Java Apps Developer
  • Strategi Praktis Menjadi Database Admin Handal

Anda dapat menghubungi kami di kontak dibawah ini, Course-Net akan siap membantu Anda guna meningkatkan kompetensi di bidang IT.

Klik WA

Leave a Reply