3 Tips Meningkatkan Cyber Security yang Lebih Baik

3 Tips Meningkatkan Cyber Security yang Lebih Baik

3 Tips Meningkatkan Cyber Security yang Lebih Baik – Tahukah Anda, Cyber security saat ini perlu ditingkatkan melihat banyaknya kasus cyber crime yang telah terjadi. Di Indonesia, kasus cyber crime sudah merugikan banyak pihak mulai dari pencemaran nama baik, pencurian identitas, kehilangan data, dan lain-lain.

Tentu saja untuk menghindarinya, Anda harus melindungi informasi/data penting dengan meningkatkan cyber security dalam sistem Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan cyber security.

Tips Meningkatkan Cyber Security

kursus cyber security, kursus ceh, belajar hacking,Tips Meningkatkan Cyber Security

Jangan Pernah Membuka Email yang Mencurigakan

Saat ini banyak sekali malware yang akhirnya dapat menyerang karena korban membuka link mencurigakan dalam email yang dikirimkan tanpa menaruh rasa curiga. Kasus cyber crime ini memanfaatkan email sebagai medianya adalah metode phising. 

Phising adalah tindakan untuk memperoleh data pribadi seperti user ID, password, dan lain-lain menggunakan sebuah fake email atau fake website. Salah satu teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan DMRAC (Domain-based Message Authentication, Reporting and Conformance) yang akan membantu Anda untuk mengelola email yang mencurigakan.

Selain itu, Anda  perlu meningkatkan wawasan atau tingkat kesadaran para karyawan untuk lebih berhati-hati ketika mendapat sebuah email dengan isi link yang mencurigakan. Jika perlu laporkan kepada bagian terkait jika menemukan hal yang mencurigakan pada email.

Biasakan Back Up Data

Anda dapat melakukan back up data satu kali dalam seminggu, atau 3 hari sekali untuk mengamankan data Anda. Penyimpanan file back up dapat Anda lakukan di tiga tempat yang berbeda , yaitu on-site, off-site, dan juga cloud.

Melakukan back up data atau sistem secara berkala adalah salah satu langkah dalam mengatasi serangan cyber seperti Ransomware. Jika Anda sudah membackup semua data, maka dampak dari serangan Ransomware dapat meminimalisir angka kerugian Anda .

Vulnerability Assessment

Salah satu langkah terbaik lainnya yang dapat membantu dalam meningkatkan cyber security adalah dengan melakukan Vulnerability Assessment. Tindakan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui, mendetekasi, mengidentifikasi serta mempelajari kelemahan yang dimiliki dari sebuah sistem.

Anda dapat mempercayakan langkah ini kepada konsultan IT security yang sudah berpengalaman di bidangnya atau Anda dapat mengikuti Coaching Cyber Security. Dengan rutin melakukan Vulnerability Assessment maka Anda dapat mengurangi risiko atau dampak buruk yang ditimbulkan dari kelemahan sistem yang ada.

Coaching Cyber Security

Melihat tren serangan siber yang semakin tak terbendung lagi, maka Anda harus mengatasinya. Salah satunya dengan mengikuti Coaching cyber security di Course-Net. Anda akan diajarkan oleh Coach yang seorang praktisi dimana beliau memiliki sertifikasi internasional dan prestasi segunung. Tentunya dengan Anda mengikuti program ini, Anda dapat menangkal serangan siber yang ugal-ugalan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di kontak whatsapp dibawah ini

Klik WA

Leave a Reply