3 Strategi Cyber Security untuk Dunia Perbankan

3 Strategi Cyber Security untuk Dunia Perbankan

Cyber security pada dunia perbankan menjadi bagian yang perlu diperhatikan lebih ekstra terutama ketika lembaga pengelola keuangan ini memberikan layanannya melalui teknologi digital. Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan layanan e-banking, m-banking, atau sms banking. Hal tersebut membuat data bank atau data Anda sebagai nasabah menjadi semakin terekspos dan para peretas (hacker) akan melakukan berbagai macam serangan untuk mengakses atau mencuri data-data penting tersebut.

Untuk cyber security yang lemah mempunyai peluang sangat besar untuk kehilangan reputasi, aset, data, serta kepercayaan dari para nasabah. Informasi yang kami lansir dari finance.detik.com, disepanjang tahun 2018 terdapat sekitar 4.000 laporan terkait dengan kejahatan cyber (cyber crime), dan ternyata perusahaan menjadi korban paling banyak dari serangan para peretas.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, maka lembaga perbankan harus meningkatkan sistem keamanan layanan digital. Selain itu, diperlukan juga pemahaman dan pengetahuan staff lembaga keuangan tersebut mengenai cyber security itu sendiri. Berikut 3 strategi cyber security untuk perbankan yang dapat Anda lakukan.

Enkripsi seluruh data dan informasi sensitif

 

Bersamaan dengan perkembangan teknologi, saat ini orang-orang lebih sering bertransaksi digital menggunakan layanan yang berbasis web atau aplikasi pada smartphone. Meskipun demikian, layanan digital ini sangat rentan menjadi target sasaran serangan cyber terutama jika aplikasi yang digunakan memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah.

Strategi untuk menghindarinya, pihak bank dapat mengenkripsi semua informasi yang bersifat sensitif tanpa terkecuali. Dengan enkripsi data, peretas tidak akan bisa membaca informasi yang tersimpan di dalam file terenkripsi. Strategi ini juga bisa menjadi pertahanan terakhir jika pada akhirnya serangan cyber berhasil masuk ke dalam jaringan. Strategi inilah menjadi langkah penting untuk keamanan cyber untuk lembaga perbankan.

Bekerja sama dengan tim ahli di bidang cyber security

Mempersiapkan keamanan bank terlebih lagi transaksi bank tersebut besar, pastilah membutuhkan jasa dari para profesional cyber security. Peretas atau hacker selalu berusaha untuk mengakses data dan informasi penting perusahaan. Jika satu metode gagal untuk membobol sistem, mereka akan mencoba dengan metode-metode serangan yang lain. Metode yang sering digunakan dapat Anda pelajari di Kursus Cyber Security.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda bekerja sama dengan para profesional cyber security untuk membantu mengamankan sistem perusahaan segmentasi apapun. Dengan berbagai ancaman yang muncul, berkonsultasi dengan tim ahli dapat memberi rasa aman untuk perusahaan khususnya perbankan. Para profesional tersebut pastinya akan membimbing dan memberi solusi agar sistem jaringan atau aplikasi yang ada lebih aman digunakan baik bagi perusahaan atau pun nasabah.

Pelatihan cyber security untuk staff perusahaan

Menjaga cyber security tidak hanya menjadi tugas orang-orang divisi IT. Seluruh karyawan juga harus memiliki wawasan dan selalu waspada terhadap kemungkinan cyber attack yang terjadi pada perusahaan.

Salah satu metode serangan yang sering dilakukan hacker adalah menyebarkan malware melalui email, atau dikenal dengan istilah phishing. Karyawan yang tidak menyadari bahwa email yang mereka buka berisi link berbahaya dapat memberikan akses kepada peretas untuk masuk ke dalam sistem.

Untuk mengatasinya, perusahaan dapat memberikan pelatihan/coaching cyber security kepada staff agar mereka bisa lebih waspada terhadap serangan hacker. Salah satu tempat yang cocok untuk belajar cyber security adalah Course-Net.

Mengapa Course-Net?

Course-Net adalah lembaga coaching IT terbaik nomor 1 di Indonesia yang ada saat ini. Sudah banyak alumninya sukses menjadi profesional cyber security di berbagai perusahaan. Kami menyediakan pelatihan cyber security yang bergaransi sampai bisa.

Beberapa bulan lalu, Course-Net juga mendapatkan penghargaan dari EC-Council di Atlanta, Amerika Serikat. Dan Course-Net Indonesia juga telah menjadi Coaching partner beberapa perusahaan besar termasuk perbankan.

Jadi tunggu apa lagi? Kirimkan karyawan Anda untuk lebih tahu lagi tentang Cyber security. Ingat Cyber crime ada karena ada celah pada jaringan atau sistem Anda. Jangan sampai data penting Anda disalah gunakan.

Untuk konsultasi, chat kami dibawah ini.

Leave a Reply