3 Kesalahan Fatal pada Perkembangan Developer di Indonesia

Menjadi seorang konsultan teknis dalam perancangan serta pengembangan website/aplikasi dari awal sampai akhir, tentunya seorang developer memiliki banyak tuntutan pekerjaan. Sama seperti halnya profesi lain, ada berbagai hal-hal yang perlu dihindari demi perkembangan karier yang lebih baik.

Nah, berikut ini adalah tiga kesalahan fatal atau halangan yang sering dilakukan oleh developer pemula yang menghambat perkembangan jenjang karier. Apa saja kesalahan tersebut?

  • Kurang informasi

Pengetahuan Dasar JAVA & XML, Kurangnya Informasi

Kurangnya Informasi

Beberapa pengembang ternyata lupa bahwa setiap projek yang didapat berasal dari suatu masalah yang tengah dihadapi. Jadi, tidak ada salahnya meminta informasi tambahan, termasuk untuk desain dan keingingan klien untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah tentunya akan muncul ketika developer ragu-ragu, gagal memperkirakan solusi terbaik, serta masih hitung-hitungan dalam bekerja.

Mengajukan pertanyaan kepada klien seharusnya menjadi hal yang biasa. Namun untuk beberapa alasan, itu masih sangat sering tidak terjadi. Tahukah Anda, informasi sangat penting untuk menganalisis ruang lingkup tugas sebelum mencoba memperkirakan beban kerjanya.

Seorang developer ada baiknya melakukan riset singkat. Contohnya, dengan membaca dokumentasi produk atau menguraikan langkah solusi prioritas. Biasanya seorang pengembang yang tidak takut mengajukan pertanyaan, meningkatkan peluang untuk berhasil menghadirkan produk yang cocok bagi pemiliknya, klien, maupun para pemangku kepentingan lain.

  • Tidak mendiskusikan masalah

User Interface dan Experience, Tidak mendiskusikan masalah

Tidak mendiskusikan masalah

Tentunya ada banyak alasan yang membuat seorang pengembang ragu untuk mengkomunikasikan kesalahan atau masalahnya. Contohnya saja, pada meeting harian ketika tim developer tidak melaporkan masalah/kendala apa pun, seharusnya meningkatkan kewaspadaan product manager.

Pengalaman seorang developer handal diukur dengan caranya melihat suatu penugasan, atau menggunakan tools untuk mencari solusi. Bukan dari caranya menjawab setiap pertanyaan. Oleh karena itu, pengalaman developer diukur dengan pilihan pendekatannya terhadap suatu penugasan, dengan tools tertentu.

Atas dasar itulah budaya keterbukaan sangat penting adanya. Sebab, dengan membagikan informasi mengenai masalah yang muncul dan kesulitan yang ada, semua anggota tim bisa bersinergi.

Tujuannya, untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, sekaligus menyampaikan informasi dengan jujur. Selain membantu product manager, langkah ini juga penting bagi product owner, project manager, dan pemangku kepentingan lainnya.

  • Memaksakan penggunaan teknologi baru

Memahami Arsitektur Android, Memaksakan penggunaan teknologi baru

Memaksakan penggunaan teknologi baru

Dengan tren teknologi yang terus berkembang kian berubah dengan sangat cepat. Sehingga, sebagian besar dari kita merasa semakin sulit mengikuti arah industri saat ini. Beberapa developer yang ingin belajar di Course-Net pun terkadang mempertanyakan bahasa pemrograman yang harus dipilih. Apakah Java, Flutter, atau React Native? Lalu bagaimana caranya melihat jangka waktu tren tersebut?

Pengembang yang sudah berpengalaman sekalipun, bisa tergoda mengikuti tren gelombang baru seperti yang terjadi sekarang ini. Yang sering terjadi, developer beradu cepat menguasai programming language terbaru dan menerapkannya dalam proyek komersial pertamanya. Para developer tentu ingin memastikan, produk berkembang sesuai standar baru dalam industri.

Namun, terkadang para developer gagal mempertimbangkan risiko jangka panjang dari pilihan teknologi mereka ini. Jadi, cobalah untuk menyaring berbagai teknologi baru yang ada. Meski ada tren aplikasi atau tools baru, jangan langsung diterapkan pada proyek Anda. Anda boleh saja mempelajarinya. Namun sebelum menerapkannya, pastikan Anda memiliki konsep yang matang.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh seorang developer, tidak hanya di tingkat pemula saja loh. Sekedar tambahan informasi, Course-Net selalu memberikan tips dan trik kepada pesertanya selama masa coaching dan setelahnya.

Mengapa demikian?

Karena Course-Net ingin pada alumninya menjadi SDM unggul yang mampu mengembangkan industri IT di Indonesia. Dengan memberikan tips tentunya para alumni akan sedikit terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal yang disebutkan diatas.

belajar android

Dengan menghadirkan coach yang sudah melanglang buana di dunia developer selama lebih dari 10 tahun, tentunya tahu apa saja yang harus dimiliki seorang developer handal. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki masa depan sebagai developer handal.

Masih ada unek-unek? Konsultasikan kendala Anda kepada Kami. Kami berikan solusi terbaik.