3 Alasan Kegagalan Fatal Seseorang Saat Kuliah di Jurusan ITInformation technology (IT) atau teknologi informasi (TI) menjadi jurusan favorit di mayoritas universitas tanah air. Jurusan IT memang sangat menjanjikan. Para lulusannya memiliki prospek kerja yang sangat luas. Apalagi, setiap perusahaan membutuhkan tenaga lulusan IT. Bahkan, tak jarang pula lulusan IT mendirikan perusahaan konsultan di bidang teknologi.

Hanya saja, tak semua mahasiswa IT bisa mendulang kesuksesan. Cukup banyak pula yang terpaksa gagal memperoleh karier bagus setelah lulus. Apa saja penyebab kegagalan mereka? Setidaknya, ada 3 faktor utama yang menjadi penyebabnya, yakni:

1. Goal kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

Faktor pertama pemicu kegagalan seorang mahasiswa IT adalah karena memiliki tujuan yang salah. Kerap seorang lulusan SMA memilih jurusan IT karena dirinya suka bermain game. Kadang, ada pula yang berkuliah di jurusan IT karena suka mengoprek komputer. Alhasil, saat duduk di bangku kuliah, mereka pun tidak akan menghadapi hal-hal yang disenangi tersebut.

Jurusan IT mengharuskan mahasiswanya untuk berhadapan dengan perangkat lunak. Kamu pun bakal berkutat dengan berbagai jenis bahasa pemrograman yang selanjutnya dipakai untuk membuat software tertentu.

2. Social

Faktor kedua adalah kesulitan dalam bersosialisasi selama kuliah. Apalagi, sistem belajar di perkuliahan jauh berbeda dengan di sekolah. Saat kuliah, kamu tidak bisa selalu berada satu kelas dengan sahabatmu. Bahkan, bisa jadi saat kamu ada jam kosong, sahabatmu malah punya waktu kuliah seharian.kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakarta

Hal tersebut pun kerap membuat seorang mahasiswa sulit memperoleh teman dekat yang bisa diajak sharing atau pun belajar bersama. Terkadang, mereka yang dulunya sahabat selama di SMA, akan terlihat memiliki hubungan yang agak renggang semasa kuliah. Meski, berada di satu jurusan sekalipun. Apalagi, kerap seorang dosen memberikan tugas mandiri kepada para mahasiswanya.

3. Culture

Terakhir, problem yang dihadapi oleh seorang mahasiswa baru jurusan IT adalah culture shock. Berbeda ketika masih duduk di bangku sekolah, seorang siswa memperoleh bimbingan secara bertahap dari guru. Saat di bangku kuliah, jangan harap kamu bisa memperoleh perlakuan serupa.

Tidak jarang, seorang dosen bertindak acuh tak acuh kepada mahasiswa. Mereka tidak terlalu peduli mengenai nilai mahasiswa yang mengikuti kelasnya. Di sisi lain, tak jarang mahasiswa terlena dengan kondisi tersebut. Dengan tidak adanya warning dari dosen, mereka pun kerap memanfaatkan waktu untuk bermain dan bersenang-senang.

kursus jaringan komputer, kursus networking, kursus jaringan komputer jakarta, kursus jaringan komputer cisco, kursus jaringan komputer di jakartaAlhasil, saat memasuki ujian, mahasiswa pun merasa kelimpungan. Padahal, di jurusan IT, model belajar sistem kebut semalam (SKS) tidak bisa diterapkan. Berbagai mata kuliah di jurusan IT memerlukan kemampuan logika yang harus dilatih secara terus-menerus. Kalau tak bisa mengikuti hal tersebut, bisa dipastikan kamu akan ketinggalan. Apalagi, ilmu IT merupakan ilmu yang terus berkembang. Teknologi yang digunakan 5 tahun lalu bisa saja telah berganti dengan teknologi yang lebih canggih. Untuk menguasainya, kamu perlu belajar keras. Termasuk di antaranya adalah mengikuti kursus di luar kampus, seperti kursus hacker, kursus jaringan komputer jakarta, atau cara membuat aplikasi Android yang diberikan oleh Course-Net.

Sudahkah anda melakukan persiapan dalam menjalani perkuliahan di dunia IT? Pastikan anda sudah memiliki mentor dan tempat belajar yang tepat.

Tempat Kursus Jaringan Komputer Tangerang

Temukan Info Selengkapnya Disini!