10 Jenis Sistem Operasi Mobile yang Anda Perlu Ketahui

10 Jenis Sistem Operasi Mobile yang Anda Perlu Ketahui

10 Jenis Sistem Operasi Mobile yang Anda Perlu Ketahui – Sistem operasi mobile atau mobile OS adalah sistem operasi untuk ponsel, tablet, smartwatch, atau perangkat mobile lainnya. Sistem operasi ini berfungsi untuk mengontrol sumber daya hardware maupun software pada perangkat mobile hingga dapat berjalan stabil.

Cara cepat menghasilkan uang dari aplikasi android hanya dalam beberapa minggu

Jenis Sistem Operasi Mobile

10 Jenis Sistem Operasi Mobile yang Kamu Perlu Ketahui

Tahukah Anda, sebelum Android dan iOS menguasai pasar mobile ada banyak sistem operasi mobile yang telah ada sebelumnya, bahkan juga mendominasi pada zamannya contohnya Symbian OS yang paling terkenal di merk Nokia. Dan berikut ini daftar 10 jenis sistem operasi mobile :

  • Android

Android OS pertama diluncurkan dengan nama ‘Astro’ dirilis pada 20 September 2008 oleh Google. Setelah beberapa versi upgrade berikutnya ‘Bender’ dan ‘Cupcake’ juga dirilis dengan fitur-fitur yang menyempurnakan. Google kemudian mengadopsi trend penamaan versi Android dengan nama hidangan pencuci mulut sesuai abjad.

Rilis versi lainnya adalah Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie dan Q yang sejauh ini merupakan versi Android terbaru dari Google per Agustus 2019. Namun untuk versi Android Q (Android 10) tidak lagi menggunakan nama hidangan pencuci mulut lagi. Hal ini dilakukan agar penamaan versi Android bersifat global.

Karir Android Developer di perusahaan stratup ternama

  • iOS

iOS diperkenalkan pada 29 Juni 2007 saat iPhone pertama kali dikembangkan. Sejak saat itu iOS mengalami banyak upgrade dan yang terbaru adalah iOS 14. Sekedar informasi, Apple masih belum mengizinkan pihak lain untuk mengembangkan sistem operasinya. Tidak seperti Android, Apple lebih berkonsentrasi pada performa dan tampilan untuk pengguna.

Inilah alasan mengapa tampilan dasar iOS hampir sama seperti pada tahun 2007. Secara keseluruhan sangat user-friendly dan merupakan salah satu sistem operasi mobile terbaik di dunia dan pesaing kuat Android.

  • Blackbery OS

Blackberry OS adalah milik RIM (Research In Motion) dan pertama kali dirilis pada tahun 1999. RIM telah mengembangkan sistem operasi ini untuk jajaran smartphone Blackberry-nya. Blackberry jauh berbeda dengan sistem operasi lain. Dari user interface, serta desain smartphone juga berbeda. Namun sayangnya OS satu ini sudah tidak update lagi, kini RIM mengubah Blackberry lebih ke arah IoT (Internet of Thing).

  • Windows Phone

Windows Phone (WP) merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft untuk smartphone sebagai pengganti penerus Windows Mobile dan Zune. Desain user interface untuk Windows Phone menggunakan Metro UI mirip dengan tampilan Windows untuk PC.

Tidak seperti Windows Mobile, sistem operasi mobile terbaru ini ditujukan untuk pasar pengguna smartphone. Pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2010 dengan Windows Phone 7. Di tahun 2011, Microsoft bekerjasama dengan Nokia untuk mengembangkan Windows Phone menjadi OS utama untuk smartphone Nokia. Dan kini versi terbarunya adalah Windows Phone 10.

  • Symbian

Di tahun 2008, Symbian OS secara resmi menjadi milik Nokia setelah sebelumnya Symbian Ltd. Artinya, perusahaan lain harus mendapat izin dari Nokia sebelum menggunakan sistem operasi ini.

Setelah Symbian OS banyak digunakan di ponsel, Nokia menjadi raksasa di pasar ponsel kelas atas. Symbian OS masih banyak digunakan di ponsel low-end namun tingkat permintaannya terus menurun.

Dengan meng-upgrade Symbian mobile OS di tahun 2012, Nokia telah membuatnya mampu menjalankan smartphone secara efisien. Symbian Belle Feature Pack adalah update terbaru yang saat ini digunakan di smartphone Nokia sebelum mengunakan Windows Phone. Secara keseluruhan, OS Symbian dirancang dengan sangat baik dan sangat user-friendly.

  • Bada OS

Sama seperti brand smartphone yang lain, Samsung juga memiliki sistem operasi yang dikenal dengan Bada OS. Sistem operasi mobile ini dirancang untuk smartphone mid-range dan high-end. Bada OS adalah sistem operasi yang user-friendly, namun sayangnya Samsung tidak menggunakan Bada dalam skala besar karena alasan yang tidak diketahui.

  • Maemo OS

Komunitas Nokia dan Maemo bergabung untuk menghasilkan sebuah sistem operasi untuk tablet yang menggunakan sistem Linux, yang dikenal dengan Maemo OS. Sistem operasi mobile ini bersifat open source sehingga siapa saja yang masuk di komunitas Nokia dapat mengembangkannya. Beberapa produk Nokia yang menggunakan Maemo OS antara lain Nokia 770, Nokia N800, Nokia N810, dan Nokia N900.

karir mobile apps developer hanya dalam waktu 1 bulan

  • Meego OS

MeeGo merupakan sistem operasi mobile open source dimana penggunannya diperuntukan untuk ponsel, namun sistem operasi ini juga dapat digunakan pada alat-alat elektronik seperti laptop, tablet hingga smart TV. Meego adalah hasil kerjasama antara Intel dan Nokia yang diluncurkan pada tahun 2010. Sistem operasi ini menggabungkan fitur-fitur Moblin dari Intel dan Maemo dari Nokia.

  • Open WebOS

Open WebOS dikenal sebagai LG WebOS atau hanya WebOS yang dikembangkan oleh Palm Inc. Setelah beberapa tahun menjadi milik Hewlett-Packard kemudian kepemilikannya dipindahkan ke LG. WebOS diluncurkan pada tahun 2009 dan digunakan di sejumlah smartphone, tablet hingga smartTV. Beberapa perangkat yang sudah menggunakan WebOS ini antara lain Pre series, Pixi, dan Veer. Sejak tahun 2011, pengembangan OS ini tidak dilanjutkan.

  • Palm OS

Palm OS (Garnet OS) dikembangkan oleh Palm Inc pada tahun 1996 untuk PDA (Personal Digital Assistance). Palm OS ini dirancang untuk bekerja pada perangkat dengan touchscreen berbasis GUI. Beberapa tahun kemudian diupgrade dan mampu mendukung smartphone. Sayangnya, perangkat dengan palm OS ini tidak terlalu populer di pasaran dan sejak tahun 2009 pengembangannya dihentikan.

Itulah 10 jenis sistem operasi mobile yang perlu Anda ketahui. Saat ini, hanya ada 2 sistem operasi yang sedang bersaing yaitu Android dari Google dan iOS dari Apple. Mengingat penggunaan smartphone telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, maka para developer tidak lagi mengembangkan sistem operasi melainkan aplikasi yang dapat berjalan di sistem operasi tersebut.

Bagi Anda yang ingin menjadi Android developer atau iOS developer, Anda dapat mengikuti kursus Android dan IOS di Course-Net. Anda akan diajarkan secara semi private dan sampai bisa. Selama mengikuti pelatihan membuat aplikasi mobile, Anda akan dibimbing oleh Coach yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dibidang software engineer. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi tim kami dibawah ini.

Klik WA

Tinggalkan Balasan