10 Cara Ampuh untuk Menjaga Baterai Laptop Kamu Agar Selalu Awet

27 October 2016 By 0 Comments

menjaga baterai laptop, course-net jakarta, training cisco jakarta, training cisco serpong, kursus cisco jakarta, kursus cisco serpong

10 Cara Ampuh untuk Menjaga Baterai Laptop Kamu Agar Selalu Awet – Baterai laptop merupakan sebuah komponen dari laptop yang penting dan wajib. Tanpa baterai, laptop tidak bisa digunakan. Namun, terkadang kita membutuhkan daya baterai yang cukup lama apalagi saat kursus networking, tetapi baterai tersebut tidak dapat memberikan performa yang optimal. Sebagai pemilik laptop kamu harus tahu bagaimana cara menjaga dan merawat baterai laptop kamu dengan benar.

Baterai laptop tentunya akan rusak jika tidak mendapatkan perawatan khusus. Penting untuk kita bisa merawat laptop kita sendiri, dimana kita ketahui bahwa kualitas baterai laptop baik atau buruk tergantung dari cara pemakaian dan perawatan kita sehari-hari.

Di artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai tips cara menjaga atau merawat baterai laptop kamu agar tetap awet. Silahkan simak informasinya berikut ini :

  • Jangan Menggunakan Laptop Sampai Daya Baterai Kosong Hingga 0%

jangan biarkan laptop kamu mati dengan sendirinya dengan kondisi baterai kosong 0%, setidaknya paling maksimal kondisi baterai 10% sudah harus dicharger, karena ini akan memperlemah komponen power yang ada di dalam baterai tersebut dan baterai yang kosong tersebut ketika dinyalakan lagi akan mengangkat daya terlalu tinggi sehingga baterai akan mudah panas.

  • Atur Pencerahan Layar Monitor

Kurangi penggunaan layar terlalu terang, karena layar terang akan menggunakan banyak daya dan baterai akan cepat habis. Sebaiknya menggunakan pencerahan yang tengah-tengah saja.

  • Jangan Biarkan Baterai Menjadi Overheat

Jangan menggunakan atau menyalakan laptop di atas tempat yang sirkulasi udaranya buruk seperti di atas tempat tidur, bantal, dll. Letakkanlah di tempat yang sirkulasi udaranya stabil. Hal tersebut akan menyebabkan baterai laptop menjadi overheat

  • Jangan Menggunakan Laptop Berlebihan

Jangan terlalu memaksakan membuka banyak aplikasi, terutama game berat seperti FIFA, karena jika kita menggunakan baterai sebagai sumber daya, tentunya akan membuat baterai laptop cepat habis. Cobalah untuk mengistirahatkan laptop kamu beberapa jam saja sebelum digunakan kembali.

  • Jangan Biarkan Laptop Tidak Digunakan Dalam Waktu Yang Lama

Gunakan laptop kamu sesering mungkin jika tidak laptop yang tidak di gunakan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan akan menyebabkan kapasitas penyimpanan daya baterai berkurang. Jika laptop tidak digunakan sebaiknya baterai di lepas dan disimpan di tempat yang sejuk.

  • Jangan Lupa Mengeluarkan Kaset

Keluarkan kaset dari dive disc sebelum mematikan laptop karena disc yang masih di dalam drive disc akan membuat daya baterai habis karena disc selalu bergerak meskipun laptop tidak digunakan.

  • Hindari Penggunaan Saat Pengisian Daya Baterai

Jangan menggunakan laptop saat pengisian daya baterai berlangsung, hal tersebut akan mempercepat umur baterai, apalagi jika laptop yang sedang dicharger digunakan untuk bermain game, menonton youtube, editing, grafish, dll.

  • Selalu Periksa Wear Level

Selalu lakukan pengecekan pada tingkat wear level baterai kamu, jika semakin tinggi wear level maka kondisi baterai buruk contohnya saja di atas 50. untuk dapat melihat wear level kamu bisa menggunakan aplikasi batterycare yang berguna untuk mengurangi wear level melakukan kalibrasi.

  • Sebaiknya lepaskan baterai dari laptop

Jika laptop tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, lebih baik untuk melepas baterai dari laptop, lalu simpanlah di tempat yang memiliki temperature udara yang sejuk

  • Lepaskan Baterai Jika Sudah Menggunakan Power

Ketika kamu sudah menggunakan kabel power sebagai sumber daya, lepaskanlah baterai kamu dari laptop, hal tersebut jika dibiarkan akan membuat konflik arus listrik yang menyebabkan baterai kerja dua kali lebih besar.